5 Manfaat Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih untuk Anak

minyak telon
Minyak telon dan minyak kayu putih tampaknya jadi dua produk perawatan anak yang dimiliki ibu di rumah. Bagaimana tidak, aromanya yang khas serta manfaatnya yang beragam membuat kedua minyak ini dapat digunakan oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Tak hanya menghangatkan, minyak telon dan minyak kayu putih ternyata juga punya beberapa manfaat lain untuk si kecil, Moms. Apa saja?

1. Mengatasi perut kembung

Perut kembung adalah kondisi ketika gas atau udara menumpuk di saluran pencernaan. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada anak. Saat si kecil kembung, ia akan merasa tidak nyaman, sulit istirahat, dan malas makan. Namun tak perlu khawatir, Moms. Perut kembung sebenarnya dapat ditangani dengan perawatan sederhana di rumah, seperti mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada perutnya.

Cajuputi oil yang terkandung dalam kedua minyak tersebut mempunyai sifat karminatif yang dapat membatasi pembentukan gas dan membantu menghilangkan gas yang sudah terbentuk di usus, sehingga perut kembung dapat teratasi. Selain itu, cajuputi oil juga dapat memberikan rasa hangat ketika dioleskan pada tubuh.

2. Mengatasi serta melindungi dari gigitan nyamuk dan serangga

Tak seperti orang dewasa, kulit anak biasanya lebih rentan merah dan bengkak ketika digigit nyamuk atau serangga. Hal tersebut dapat membuat si kecil rewel karena kulitnya terasa gatal, panas, atau sakit.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengoleskan minyak telon atau minyak kayu putih pada kulit yang ruam, Moms. Sebab, pada kedua minyak tersebut mengandung minyak kelapa yang memiliki zat antibakteri dan antiradang yang dapat mengatasi gigitan nyamuk atau serangga. Tak hanya itu, aroma yang kuat dari kedua minyak ini juga dapat membuat nyamuk dan serangga menjauh.

3. Melembabkan kulit

Suhu udara dapat memengaruhi kelembaban kulit. Misalnya, saat cuaca panas terik atau suhu ruangan yang terlalu dingin, kulit anak bisa menjadi kering. Saat kulitnya kering, si kecil bisa saja terkena iritasi, Moms. Untuk menjaga kelembaban kulit si kecil, Anda dapat mengoleskan minyak telon.

Tak hanya melembabkan dan melembutkan kulit, kandungan minyak kelapa yang terdapat pada minyak telon juga dapat mencegah iritasi ringan pada kulit si kecil, seperti ruam dan gatal. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung zat antibakteri yang dapat membantu mencegah infeksi kulit.

4. Mengatasi masalah pernapasan

Kayu putih sering digunakan sebagai pembuatan obat, terutama terkait masalah pernapasan. Sebab, saat dibuat menjadi minyak kayu putih, tumbuhan tersebut akan mempunyai zat antivirus, antibakteri, dan dekongestan. Adanya efek dekongestan dapat meringankan gejala masalah pernapasan, seperti batuk atau pilek.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengoleskan minyak telon dan minyak kayu putih pada area dada atau leher saat si kecil.

5. Membantu si kecil lebih rileks

Aroma minyak telon juga dapat membantu si kecil lebih rileks. Saat si kecil rewel, ia mungkin merasakan sesuatu di dalam tubuhnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengoleskan minyak telon sembari memijatnya perlahan. Perpaduan minyak adas, minyak kelapa, dan minyak kayu putih dalam minyak telon dapat memberikan efek relaksasi ketika menghirupnya.

Melihat banyaknya manfaat minyak telon dan minyak kayu putih untuk anak, Anda tetap harus memerhatikan produk yang digunakan. Sebelum memutuskan untuk membeli kedua minyak tersebut, pastikan keduanya dibuat dari bahan alami yang aman untuk kulit si kecil dan sudah terdaftar di BPOM.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping