Sayang Dilewatkan, Ini 4 Manfaat Minyak Kayu Putih

Manfaat Minyak kayu putih biasanya digunakan banyak orang untuk meredakan masuk angin atau gigitan serangga. Ternyata, minyak yang berasal dari ekstrak daun eucalyptus atau kayu putih ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Bahkan, pengobatan tradisional ala Cina, India, Yunani, dan Eropa juga menggunakan minyak kayu putih sebagai salah satu ramuan pengobatan.

Kandungan minyak kayu putih Pohon kayu putih sebenarnya berasal dari Australia namun dibudidayakan di seluruh dunia.

Eucalyptus pertama kali digunakan oleh suku Aborigin. Mereka mengunyak akar eucalyptus yang mengandung air dalam konsentrasi tinggi. Suku aborigin juga memanfaatkan eucalyptus sebagai teh untuk obat demam. Minyak kayu putih sebenarnya terbuat dari daun eucalyptus yang disuling sehingga menghasilkan minyak.

Seperti kebanyakan minyak esensial lainnya, minyak kayu putih mengandung banyak komponen alami seperti cineole dan eucalyptol. Dua senyawa tersebut membuat minyak kayu putih memiliki aroma tajam.

Riset 2010 membuktikan, aucalyptol juga memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan anti jamur. Itu sebabnya, manfaat minyak kayu putih seringkali digunakan untuk mengobati gangguan pernapasan. Selain itu, minyak kayu putih juga mengandung antioksidan yang tinggi dan fitokimia. Dengan berbagai senyawa bermanfaat didalamnya, minyak kayu putih memiliki beragam manfaat kesehatan.

Melansir Medical News, berikut empat manfaat minyak kayu putih:

1. Merawat kesehatan gigi
Riset dalam Journal of Periodontology membuktikan, penggunaan ekstrak kayu putih dalam permen karet dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.
Sifat antibakteri dan anti mikroba dalam eucalyptus yang membuat minyak kayu putih bisa digunakan dalam obat kumur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

2. Meredakan nyeri otot
Riset dalam Amercian Journal of Medicine membuktikan minyak kayu putih memiliki sifat analgesik sehingga mampu meredakan nyeri otot.
Manfaat tersebut terjadi karena kandungan eucalyptamint di dalamnya yang bisa digunakan untuk mengobati nyeri ottot dan sendi karena keseleo, radang sendi, memar, dan sakit punggung.
Selain itu, minyak kayu putih juga memiliki respon fisiologis yang signifikan sehingga mampu menghilangkan rasa sakit pada otot dan berguna sebagai pemanasan pasif untuk atlet.

3. Meningkatkan sistem imun
Menurut riset dalam BMC Immunulogy, minyak kayu putih dapat merangsang respon sistem kekebalan tubuh.
Secara khusus, peneliti menemukan bahwa minyak kayu putih dapat meningkatkan respon fagositik sistem kekebalan terhadap patogen.
Fagositosis adalah proses di mana sistem kekebalan tubuh mengkonsumsi dan menghancurkan partikel asing.

4. Menyembuhkan luka
Riset 2012 yang mengamati aktivitas antimikroba dari minyak kayu putih membuktikan ekstrak daun eucalyptus dapat membantu melawan patogen S.aureus dan E.Coli.

Dua patogen tersebut bisa meningkatkan risiko luka infeksi pasca operasi, sindrom syok toksik, dan keracunan makanan.
Itu sebabnya, minyak kayu putih juga bisa membantu mengobati luka.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping