Matahari Tidak Tenggelam di 6 Tempat ini !

Dragon | Matahari tidak tenggelam | Alaska | Traveling

Kita sangat nyaman dengan “12 jam siang dan 12 jam malam” karena rotasi bumi mengelilingi matahari, bukan? Namun, apa jadinya jika hari tidak pernah berakhir dan matahari tidak pernah tenggelam ?. Pasti kondisi tersebut akan membuat kita bingung, kapan harus bekerja dan kapan harus tidur.

Fenomena tersebut dinamakan “Midnight Sun” atau matahari tengah malam. Itu adalah fenomena alam yang terjadi saat matahari masih terlihat di tengah malam pada waktu lokal apabila cuaca cerah pada bulan-bulan musim panas di bagian utara Lingkar Arktik dan pada bulan-bulan musim dingin di bagian selatan Lingkar Antartika.

Berdasarkan data-data yang ada, matahari tengah malam di lingkaran Kutub Utara hanya terjadi sekitar tanggal 21 Juni, atau pada musim panas. Pada hari itu, matahari “tidak terbit” di sekitar Kutub Selatan, karena rotasi matahari mendekat ke Kutub Utara.

Sebaliknya, matahari tengah malam di lingkaran Kutub Selatan hanya terjadi sekitar tanggal 22 Desember, atau pada musim dingin. Pada hari itu, Kutub Utara “tidak terbit” di sekitar Arktik, karena rotasi matahari mendekat ke Kutub Selatan.

6 tempat di bumi ini mengalami fenomena tersebut, kita simak tempat mana sajakah yang matahari tidak tenggelam :

1. Norwegia

Norwegia yang terletak di semenanjung Skandinavia bgian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia. Pantainya yang berada di Samudera Atlantik Utara dan Laut Barents adalah lokasi dari fyord terkenal. Norwegia memiliki sebuah pulau bernama Bouvet yang terletak di Samudera Atlantik. Luas total Norwegia adalah 385,207 km² dan populasi sebesar 4.9 juta. Norwegia merupakan negara dengan kepadatan penduduk terendah kedua di Eropa.

Norwegia adalah salah satu negara di Skandinavia yang sering menempati peringkat atas dalam jajaran negara-negara paling bahagia se-dunia. Pada tahun 2017, negara yang identik sebagai tempat bersalju ini bahkan berada di peringkat pertama negara paling Bahagia.

Selama sekitar 76 hari dari Mei hingga akhir Juli, matahari tidak tenggelam ditempat ini. Sinar matahari yang cerah menyelimuti seluruh wilayah selama sekitar 20 jam sehari. Di Svalbard, Norwegia, yang merupakan wilayah paling utara yang dihuni di Eropa, matahari bersinar terus menerus dari 10 April hingga 23 Agustus.

2. Islandia

Republik Islandia, adalah sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Negara memiliki populasi sebanyak 332.529 penduduk dan luas 103.000 km persegi, menjadikannya negara dengan penduduk terjarang di Eropa.

Islandia adalah negara yang indah, dan merupakan pulau terbesar di Eropa setelah Inggris Raya. Islandia mendapat sinar matahari dari 10 Mei hingga Juli, di mana matahari tidak tenggelam dan berada di atas cakrawala sepanjang waktu. Selain cahaya utara yang memukau, negara ini menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan seperti hiking, mengamati satwa liar, mengamati paus, menjelajahi gua, bersepeda, dan mengunjungi taman nasional.

3. Kanada

merupakan negara paling utara di kawasan Amerika Utara. Kerajaan (monarki konstitusional) ini terbagi dalam 10 provinsi dan 3 teritori, dengan menganut sistem desentralisasi. Kanada berdiri pada tahun 1867, setelah disahkannya undang-undang KonfederasiOttawa menjadi ibukota negara ini. Kanada pernah menjadi jajahan Prancis; yang kemudian direbut oleh Inggris, hingga hari kemerdekaannya. Kini, negara ini menjadi anggota La Francophonie, sekaligus negara Persemakmuran Inggris. Luas Kanada mencapai 9.970.610 km². Negara ini tergolong negara maju, yang perekonomiannya bergantung pada hasil alam.

Beberapa bagian Kanada tertutup salju sepanjang tahun. Di tempat-tempat seperti Inuvik dan wilayah Barat Laut, matahari tidak tenggelam dan terus bersinar sekitar 50 hari di musim panas. Berikut adalah daftar hal-hal yang harus Anda lakukan ketika berada di Kanada: pergi untuk melihat Aurora, mendaki gunung, mata air panas, berjalan di jembatan gantung, perjalanan darat di bentangan terbesar kedua di dunia dan banyak monumen bersejarah.

4. Alaska

Alaska adalah salah satu negara bagian Amerika Serikat. Menurut luas wilayah, Alaska adalah negara bagian AS yang terbesar, dan terkaya sumber alamnya. Alaska tidak tersambung dengan wilayah AS Daratan sehingga ia merupakan sebuah eksklave.

Alaska dibeli Amerika Serikat dari Rusia seharga 7,2 juta dollar Amerika. Negara bagian ini berbatasan dengan Yukon dan British Columbia di Kanada. Selebihnya Alaska berbatasan dengan Samudra Pasifik, Teluk Alaska, Selat dan Laut Bering, Laut Beaufort, Laut Chukchi dan Kutub Utara. Mungkin karena letaknya yang jauh, dan terbatasnya sarana transportasi, biaya hidup masyarakat Alaska (khususnya harga bahan-bahan kebutuhan pokok) adalah yang tertinggi di Amerika.

Matahari tidak terbenam di negara Alaska dari akhir Mei hingga akhir Juli. Indah dan mempesona, negara ini berada dalam kegelapan di bulan-bulan musim dingin. Dikenal dengan gletser spektakuler dan pegunungan yang tertutup salju.

5. Swedia

Swedia adalah negara terluas ketiga di Uni Eropa, dengan total penduduk sekitar 9,8 juta jiwa. Swedia memiliki kepadatan penduduk rendah dengan 21 penduduk per kilometer persegi, sebagian besar penduduk tinggal di setengah belahan selatan negara. Sekitar 85% penduduk tinggal di kawasan perkotaan. Swedia Utara sebagian besar merupakan kawasan pertanian, sedangkan di utara sebagian besar hutan. 

Iklim di Swedia lebih hangat dibandingkan dengan negara lain yang disebutkan di atas, matahari di Swedia terbenam sekitar tengah malam dan terbit lagi pada pukul 4:30 pagi, dari awal Mei hingga akhir Agustus. Anda dapat menghabiskan hari-hari yang panjang ini dengan menyibukkan diri dengan aktivitas petualangan.

6. Finlandia

Finlandia termasuk negara industri yang relatif baru, negara ini masih menggantungkan diri dari sektor pertanian hingga 1950-an. Ekonomi mulai berkembang ketika mengembangkan model negara kesejahteraan bergaya nordik, menghasilkan kemakmuran dan saat ini menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

Tanah seribu danau dan pulau, sebagian besar Finlandia melihat matahari selama 73 hari, selama musim panas. Selain melihat cahaya utara, Anda dapat menikmati tinggal di iglo kaca dan bahkan bermain ski. Pada bulan-bulan musim gugur, dedaunan dan warna musim gugur menawarkan pemandangan yang spektakuler.

Kira Kira tempat mana nih yang kamu mau kunjungi untuk liburan nanti? 

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Shopping Cart
There are no products in the cart!
Lanjutkan Belanja