Recent Post

Dari Mana Asal Mula Nama Bulan Januari? Ini Faktanya.

Awal Nama Januari

Dragon – Asal | Nama Bulan | Januari

Halo Keluarga Dragon, apa kabar semua? Semoga tetap sehat semuanya. Tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2021. Keluarga Dragon dirumah adakah yang tau , asal mula nama dari bulan Januari?. Bulan Januari merupakan bulan pertama pada tahun dalam Julius dan Kalender Gregorius. Bulan Januari biasanya digunakan sebagai perayaan dan peringatan tahun baru. Pada bulan Januari ini, sebagian besar orang akan mengadakan pesta perayaan tahun baru ataupun mengadakan festival peringatan tahun baru dengan berbagai pernak pernik dan kemeriahannya.

Di Negara kita Indonesia sendiri, bulan Januari merupakan bulan dengan musim penghujan dimana pada bulan ini banyak daerah dan wilayah di bagian Indonesia yang mengalami intensitas hujan yang cukup tinggi.

Lalu, bagaimanakah asal usul dari Nama bulan Januari ini? Tahukah bagaimana asal mula nama Januari ? Simak informasi berikut ini agar kita memahami dan mengetahui sejarah dari nama bulan pertama di tahun ini.

Asal Nama Januari
pinterest.com

Nama bulan Januari (dalam bahasa Latin disebut Ianuarius) berasal dari nama Dewa Romawi yaitu Dewa Janus, yang digambarkan memiliki dua wajah menghadap ke depan dan ke belakang. Dewa Janus merupakan dewa pintu gerbang serta dianggap sebagai dewa permulaan dan akhir.  Sebagai dewa penjaga pintu dalam mitologi Romawi maka lambang dua kepala ini berarti kemampuan dewa Janus yang dapat melihat ke masa depan, masa lalu, ke dalam dan ke luar. Begitu pula dengan bulan Januari, sebagai bulan pembuka pada awal tahun baru kita semua masih bisa merasakan apa yang telah terjadi di tahun sebelumnya dan juga siap untuk menyongsong pada awal tahun yang baru.

Lalu siapa Dewa Janus? Selain memiliki dewa lain seperti Poseidon, Venus, Apollo, atau lainnya, Bangsa Romawi kuno juga memiliki Dewa Janus, dewa yang kurang dikenal, namun memiliki peranan yang paling penting. Dalam mitologi Romawi, Janus adalah dewa pintu, gerbang, dan transisi. Janus mewakili jalan tengah antara dualitas konkret dan abstrak seperti hidup atau mati, awal akhir, pemuda dewasa, pedesaan perkotaan, perang atau perdamaian, dan juga peradaban.

Asal Nama Januari
mysticelements.com

Janus dikenal sebagai penggagas kehidupan manusia, transformasi antar tahapan kehidupan, dan bergeser dari satu era sejarah ke era lainnya. Orang Romawi kuno percaya Janus mengatur acara kehidupan seperti pernikahan, kelahiran, dan kematian. Dia mengawasi acara musiman seperti penanaman, panen, perubahan musim, dan tahun baru.

Menurut mitologi Romawi, Janus hadir di awal dunia. Sebagai dewa gerbang, Janus menjaga gerbang surga dan memegang akses ke surga dan dewa lainnya. Karena alasan ini, Janus sering kali dipanggil pertama kali dalam upacara keagamaan Romawi kuno, dan selama pengorbanan publik, persembahan diberikan kepada Janus sebelum dewa lainnya. Faktanya, ada bukti bahwa Janus disembah jauh sebelum banyak dewa Romawi lainnya, yang berasal dari zaman Romulus (pendiri dan penguasa pertama Roma).

Itulah awal mula nama dari bulan Januari dan juga mengenal secara singkat Dewa Janus sebagai asal dari nama bulan Januari. Memasuki di bulan dan tahun yang baru ini semoga kita semua bisa menggapai semua yang kita impikan tahun sebelumnya dan lebih sukses lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping cart1
-
+
Subtotal
Rp6.000,00
Continue shopping