Mengenang Serangan 1 Maret 1949

Serangan Umum 1 Maret 1949
Dragon- Mengenang|Serangan Umum| 1 Maret 1949

 

 

Serangan Umum 1 Maret
Monumen Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta Sumber: Wikipedia.org

Halo Keluarga Dragon, apa kabar semua? Semoga tetap sehat selalu ya. Setiap tanggal 1 Maret kita mengenang akan peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta. Jika Keluarga Dragon pernah singgah di Yogyakarta, ketika kita melewati jalan Malioboro, di Ujung jalan Malioboro berseberangan dengan Kantor Pos, kita bisa melihat monumen yang dibangun untuk memperingati peristiwa 1 Maret 1949 silam.

Serangan 1 Maret 1949 merupakan serangan dari tentara Indonesia terhadap Agresi Militer Belanda 2 yang menjadikan kota Yogyakarta menjadi sasarannya . Kala itu Yogyakarta menjadi Ibukota dari Indonesia karena Jakarta sedang tidak kondusif selepas dari proklamasi.

Sri Sultan Hemengkubuwono IX kala itu mengirim surat kepada Letnan Jendral Soedirman untuk melakukan serangan terhadap Belanda. Hal itu disetujui oleh Jendral Soedirman dan meminta Sri Sultan Hamengbuwono IX berkoordinasi dengan Letkol Soeharto untuk melakukan penyerangan.

Setelah melakukan perundingan dan menyusun strategi, dipilihlah tanggal 1 Maret 1949 sebagai hari penyerangan terhadap Belanda. Pagi itu pukul 06.00 pagi serangan besar-besaran terjadi di seluruh penjuru kota Yogyakarta.

Dalam penyerangan ini tentara Indonesia berhasil menduduki Yogyakarta selama 6 jam. Meski selama 6 jam namun ini membuktikan bahwa tantara Indonesia masih memiliki eksistensi. Dampak dari serangan 1 Maret ini semakin menguatkan Indonesia saat dalam perundingan Dewan Keamanan PBB.

Meski sudah lama berlalu namun serangan 1 Maret 1949 masih menjadi bagian dari sejarah perjuangan dari Bangsa Indonesia dalam mempertahankan kekuasaan mengahadapi Belanda.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Shopping Cart
There are no products in the cart!
Lanjutkan Belanja