Hari Perempuan Sedunia

Hari Perempuan Sedunia

Dragon-Peringatan Hari Perempuan Sedunia | Women International Day

Halo Keluarga Dragon, apa kabarnya? Semoga tetap sehat selalu ya. Keluarga Dragon di rumah, tahukah bahwa setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional? Pada hari ini seluruh perempuan di dunia merayakan hari dimana mereka berhasil dalam menyuarakan kesetaraan di dalam bidang ekonomi, politik dan juga sosial.

Maka dari itu pada hari ini kita akan membahas beberapa fakta yang ada pada saat perayaan hari dimana wanita berhasil melawan kesenjangan dan juga ketidakadilan yang mereka terima.

  1. Pertama kali dirayakan
Hari Perempuan Sedunia
Clara Zetkin/Wikipedia.org

Sejarah pertama dari diadakannya Hari Perempuan Internasional digagas ketika terjadi pemogokan kerja secara besar-besaran di New York, Amerika Serikat pada tahun 1908 oleh para perempuan yang menjadi buruh disana. Hal ini disebabkan oleh adanya kesenjangan yang didapatkan oleh para pekerja perempuan. Mereka menuntut atas hak upah yang layak, dan waktu kerja yang sepadan.

Setahun setelah aksi mogok kerja, Partai Sosialis di Amerika mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional pada tanggal 28 Februari. Hingga pada tahun 1910, seorang wanita asal Jerman bernama Clara Zetkin menyuarakan untuk diadakannya Hari Perempuan Internasional pada acara Konferensi Internasional tentang pekerja perempuan.

  1. Diresmikan oleh PBB
Hari Perempuan Sedunia
Bendera Dunia/Pinterest

65 tahun setelah gagasan perayaan Hari Perempuan Internasional yang diusulkan oleh Clara Zetkin pada konferensi internasioal, pada tahun 1975 PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) mengesahkan Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap tanggal 8 Maret. Sejak saat itu PBB membantu dalam mensponsori acara-acara yang dilakukan oleh komunitas yang tersebar di seluruh dunia, dan juga pada organisasi resmi dari pemerintah.

  1. Warna Pergerakan
Hari Perempuan Sedunia
Dresscode Ungu/telegraph.co.uk

Seperti semua pergerakan yang ada di dunia, Hari Perempuan Internasional memiliki ciri yang sangat mencolok. Warna Ungu menjadi warna kebesaran bagi acara ini. Dan warna ungu sudah ditetapkan secara internasional. Jadi untuk para wanita yang ingin menunjukkan jika kalian berpartisipasi pada hari yang spesial bagi seluruh wanita di dunia, kalian bisa memakai pakaian berwarna ungu sebagai bentuk partisipasi.

  1. Memiliki tema berbeda setiap tahun
Hari Perempuan Sedunia
Pergerakan WWD/seventeen.com

Perayaan Hari Perempuan Internasional memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun 2020 Hari Perempuan Internasional memiliki tema I am Generation Equality: Realizing Women’s Rights dengan tagar #EachforEqual, yang mengajak untuk seluruh perempuan di dunia mengetahui bahwa kita adalah generasi yang setara: menyadari hak-hak perempuan. Pada tahun 2021 ini tema yang diangkat sebagai tema besar adalah #ChoosetoChallenge

 

  1. Perayaan berbeda setiap negara
Hari Perempuan Sedunia
Peringatan Hari Perempuan di Indonesia/dialeksis.com

Meski pergerakan ini serentak diadakan secara internasional, namun ternyata setiap negara memiliki caranya masing-masing dalam menyuarakan Hari Perempuan Internasional. Di beberapa negara ada yang menjadikan Hari Perempuan Internasional menjadi hari libur di negaranya, ada juga yang merayakan dengan mengadakan seminar dengan perempuan yang berdampak di negaranya. Ada juga yang merayakan dengan melakukan aksi di jalanan.

Itulah beberapa fakta yang ada pada perayaan Hari Perempuan Internasional di dunia, semoga semakin banyak wanita yang giat dalam mengejar hak-haknya bagi perempuan di seluruh dunia.

womens Day perempuan indonesia emansipasi

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Shopping Cart
There are no products in the cart!
Lanjutkan Belanja