Recent Post

Sejarah April Mop dari Berbagai Negara

Sejarah April Mop

Dragon – Sejarah | April Mop | Berbagai Negara

 

Halo Keluarga Dragon, apa kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat semua ya, tak terasa hari ini kita sudah memasuki bulan ke-4 yaitu bulan April di tahun 2021. Kita berharap bersama-sama di bulan yang baru ini kita semakin sehat, dan juga dilancarkan semua urusan dan rezeki.

Setiap tanggal 1 April ada sebuah perayaan yang sering kita dengar yaitu April Mop. April Mop adalah sebuah perayaan dimana pada hari itu kita bebas untuk membuat sebuah lelucon atau pun sebuah kebohongan tanpa harus merasa bersalah. Mungkin bagi kita di Indonesia perayaan ini kurang begitu popular, tapi di luar negeri perayaan ini sudah menjadi perayaan yang dilanjutkan secara turun temurun.

Tidak ada yang tahu pasti bagaimana perayaan April Mop ini bisa terjadi. Namun ada beberapa versi dari asal usul April Mop di beberapa negara ini. Seperti apa sejarahnya? Mari kita simak.

  1. Prancis

April MopMeski tidak diketahui pasti sejak kapan perayaan April Mop mulai dilakukan, dilansir dari History para ahli menyatakan bahwa perayaan April Mop sudah dilakukan sejak tahun 1582. Versi Prancis menyatakan bahwa April Mop dimulai ketika pergantian kalender dari kalender Julian menjadi kalender Gregorian pada abad ke-16. Kala itu tahun baru pada kalender Julian terjadi di bulan April dan dirubah menjadi 1 Januari kala berubah ke kalender Gregorian. Orang-orang yang masih mengikuti kalender Julian akan tertipu kala tahun baru sudah berubah pada awal Januari. 

  1. Roma

April MopSeorang professor dari Boston University, Josep Boskin mengutarakan hal yang berbeda. Iya menyatakan bahwa April Mop dibuat oleh para pelawak di Kerajaan Romawi pada abad ketiga kala pemerintahan dari Raja Constantin I. Para pelawak pada masa itu mengajukan sebuah petisi kepada raja untuk meminta izin agar bisa menjadi seorang raja selama satu hari saja. Tidak diduga ternyata sang raja menyetujui petisi tersebut dan mengangkat seorang pelawak yang bernama Jeter untuk menjadi raja selama satu hari. Saat dinobatkan menjadi raja, Jeter menyatakan bahwa tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan yang kini kita kenal dengan April Mop.

  1. Spanyol

April MopJika kita mengetahui bahwa April Mop dimulai dengan sebuah candaan, berbeda dengan sejarah April Mop yang terjadi di Spanyol. Semua terjadi kala tentara salib saat itu sedang mengelabuhi warga Spanyol untuk pergi menggunakan perahu karena mereka dijanjikan untuk dibebaskan. Namun ternyata itu adalah sebuah tipuan dari para tentara salib yang ternyata malah membunuh para rakyat Spanyol yang naik kapal tersebut. Hari itu yang menjadi sejarah April Mop di Spanyol.

  1. Inggris

April MopDi Inggris April Mop dilakukan sejak tahun 1700’an. Dimana pada masa situ orang-orang saling melontarlan lelucon atau kebohongan hingga tengah hari di hari itu tanpa harus takut salah atau disalahkan. Akhirnya kebiasaan itu terjadi turun temurun dan berlangsung hingga sekarang.

  1. Norwegia

April MopUntuk di Norwegia April Mop dirayakan terkait dengan mitologi di negara tersebut. April Mop adalah perayaan untuk menghormati dewa perusak atau biasa disebut Loki oleh masyarakat Norwegia.

Itulah beberapa sejarah awal mula dari April Mop dari berbagai Negara yang masih sering kita rayakan hingga sekarang.

Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping