Daerah Penghasil Ikan Laut Terbesar di Indonesia

Daerah Penghasil Ikan

Dragon – Daerah | Penghasil | Ikan Laut | Terbesar | Indonesia

Halo Keluarga Dragon, apa kabar semuanya? Semoga tetap dalam keadaan sehat selalu ya. Setiap tanggal 6 April kita orang Indonesia memiliki hari Nasional yaitu Hari Nelayan Nasional. Bagi Keluarga Dragon yang belum tahu, Hari Nelayan Nasional merupakan hari besar yang sudah ada sejak Orde Baru.

Hari Nelayan Nasional ditujukan untuk upacara ucapan syukur atas hasil laut yang melimpah, mengingat Indonesia merupakan negara yang diapit oleh dua samudera besar yaitu Samudera Pasifik dan Samudra Hindia, maka tidak heran jika kekayaan laut kita sangatlah besar.

Pada hari ini kita akan sedikit jalan-jalan untuk melihat daerah-daerah dengan kekayaan hasil laut yang besar di Indonesia, kira-kira daerah mana saja ya? Mari kita simak Bersama.

  1. Banyuwangi

Daerah Penghasil IkanDaerah pertama sebagai salah satu daerah dengan penghasilan laut terbesar di Indonesia adalah Banyuwangi. Kota yang terletak di ujung Timur pulau Jawa ini memiliki salah satu peraian yang menghasilkan ikan dengan jumlah yang cukup besar. Peraian Muncar Namanya, tempat pertemuan antara arus Laut Jawa dari Utara, dan juga arus Samudra Hindia dari Selatan.

  1. Tegal

Kota NelayanKota yang terletak di Pantai Utara Pulau Jawa ini sudah terkenal hasil lautnya, tak perlu diragukan lagi, dalam satu tahun hasil laut yang dihasilkan oleh Nelayan di Tegal bisa mencapai angka sebesar 1400 ton.

  1. Sulawesi Tengah

Kota NelayanDaerah selanjutnya adalah Sulawesi Tengah, tepatnya di perairan Selat Makassar, Teluk Tomini, dan Teluk Tolo. Sulawesi Tengah memberikan sumbangan sebesar 8,5% hasil lautnya untuk memenuhi kebutuhan ikan dari Bangsa Indonesia. Hasil lautnya pun sangatlah beragam, dari ikan berukuran besar seperti ikan Cakalang, ikan Tongkol, ikan Tuna, hinga ikan kecil seperti ikan Teri, ikan Tembang, dan ikan Layang.

  1. Sulawesi Selatan

Kota NelayanBergeser sedikit ke arah Selatan dari Pulau Sulawesi yaitu Sulawesi Selatan sebagai daerah yang menghasilkan hasil laut terbesar di Indonesia. Sulawesi Selatan menempati posisi pertama sebagai penyumbang pasokan ikan untuk Indonesia dengan angka sebesar 21,6%. Hasil laut dari Sulawesi Selatan tidak hanya dinikmati oleh Indonesia saja, akan tetapi juga diekspor ke luar negri seperti Thailand, dan juga Jepang.

  1. Nusa Tenggara Timur

Kota NelayanSelanjutnya kita bergeser ke daerah Nusa Tenggara Timur, daerah NTT menyumbang 13,8% untuk memenuhi pasokan ikan di Indonesia. Selain terkenal oleh banyaknya hasil ikan laut ternyata peraian NTT memiliki potensi yang lain, yaitu sebagai daerah untuk budidaya dari rumput laut.

  1. Cilacap

Kota NelayanDan daerah yang terakhir ada di Cilacap, Jawa Tengah. Kota di bagian Selatan pulau Jawa ini juga menjadi daerah dengan penghasil ikan terbesar di Indonesia. Hasil Ikan di Cilacap berupa ikan Tuna dan juga Cumi-cumi. Namun hasil dari peraian di Cilacap kadang juga bekurang seperti pada saat ketika Angin Barat menerjang perairan Selatan Pulau Jawa dan membawa gelombang tinggi, biasanya para nelayan enggan untuk melaut.

Itulah daerah-daerah dengan kekayaan hasil laut yang besar di Indonesia, kita patut bersyukur sebab kekayaan laut Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di Dunia. Apakah ada keluarga Dragon yang berasal dari daerah-daerah tersebut? Yuk bisa sedikit bercerita dengan menulis di kolom komentar di bawah ya.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Shopping Cart
There are no products in the cart!
Lanjutkan Belanja