Minyak Kayu Putih amankah diminum, Fakta Atau Hoax?

Kandungan Minyak Kayu Putih

Dragon – Minyak Kayu Putih | Obat | Masuk Angin

Halo Keluarga Dragon semua, apa kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat selalu ya. Keluarga Dragon apakah ada yang mendengar, membaca, atau meilhat berita beberapa waktu yang lalu bahwa meminum minyak kayu putih dapat membunuh Virus Corona? Jika ya pasti dari kita muncul pertanyaan, apakah bisa minyak kayu putih yang selama ini hanya kita oleskan pada tubuh bisa untuk diminum dan menjadi obat pembunuh Virus Corona? Hari ini kita akan membahas sedikit tentang pertanyaan tersebut.

Minyak Kayu PutihSebelumnya kita mengenal dulu Minyak Kayu Putih. Minyak Kayu Putih diperoleh dengan cara destilasi uap air ( penyulingan ) dari daun dan ranting tanaman Kayu Putih ( Melaleuca leucadendra). Tanaman Kayu Putih adalah tanaman asli Indonesia , banyak tumbuh di Pulau Sulawesi, Irian Jaya dan Jawa. Mutu minyak yang dihasilkan paling bagus adalah dari tanaman yang berasal dari pulau Buru Ambon ( Maluku ).

Tanaman sejenis Kayu Putih adalah Eucalyptus yang tumbuh di Benua Australia,  akan tetapi aromanya tidak sewangi aromatik Kayu Putih, tetapi untuk khasiatnya sama.
Kandungan utama dari Minyak Kayu Putih adalah Cineol, dimana Cineol yang menyebabkan  bau Minyak  Kayu  Putih  wangi  aromatik segar dan rasanya hangat.
Minyak Kayu Putih termasuk golongan Natural Essential Oil , minyak yang mudah menguap dari bahan alami.

KHASIAT & KEGUNAAN ( Obat Luar )  :
1.    Meredakan masuk angin
2.    Meredakan perut kembung
3.    Meredakan sakit perut
4.    Menghangatkan badan
5.    Mencegah kram pada tangan dan kaki
6.    Menghilangkan rasa gatal karena gigitan serangga.
7.    Meredakan memar.

Jadi, benarkah Minyak Kayu Putih yang diminum bisa membunuh Virus Corona? Jawabannya adalah Hoax. Mengapa demikian? Sebab belum ada penelitian lebih lanjut yang menyatakan bahwa memang minyak kayu putih yang diminum bisa membunuh dari Virus Corona.

Dalam dunia kedokteran, golongan bahan seperti minyak kayu putih merupakan golongan hidrokarbon karena mengandung zat minyak. Bila minyak kayu putih tertelan dalam jumlah yang banyak maka akan menimbulkan gejala keracunan seperti mual, pusing, muntah, hingga gangguan pernapasan dan juga aliran darah.

Oleh sebab itu untuk Keluarga Dragon semua diharapkan berhati-hati dalam menerima informasi yang ada. Jangan mudah percaya meskipun informasi yang diberikan adalah dari saudara ataupun teman terdekat, karena informasi yang ada harus dikonfirmasi terlebih dahulu kebenarannya agar tidak terjadi ha-hal yang tidak diinginkan.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Shopping Cart
There are no products in the cart!
Lanjutkan Belanja