Recent Post

4 Tips Mengurangi Screen Time Pada Anak

Tips mengurangi screentime

Dragon – Tips | Mengurangi | Screentime 

Halo Keluarga Dragon semua, apa kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat selalu ya. Seperti yang kita ketahui, kini kita hidup di era digital. Dimana segala sesuatu hampir dilakukan dengan gadget. Dari orang dewasa hingga anak-anak kini memegang gadget yang dimiliki.

Apalagi selama pandemi berlangsung, sekolah anak-anak beralih dari offline menuju ke sekolah online atau berbasis daring. Sekolah daring yang berlangsung membawa dampak positif dan juga negatif pada anak.

Jika positifnya adalah orang tua jadi mampu memperhatikan dan juga mengawasi belajar anak, maka hal negatifnya adalah anak jadi mendapat screen time yang sangat panjang pada gadget yang digunakan. Screen time yang terlalu lama dapat membawa efek yang kurang bagus pada kesehatan mata anak.

Tidak hanya anak-anak yang sudah bersekolah, beberapa orang tua juga memberikan anak-anak balita mereka dengan gadget. Selain untuk perkembangan anak, gadget juga dijadikan salah satu cara orangtua agar anaknya tidak rewel.

Nah, kini peran orang tua harus bisa mengawal si Kecil agar bisa menggunakan gadgetnya sesuai dengan kebutuhan umurmya, Bagaimana cara yang harus dilakukan untuk mengurangi screen time pada anak? Berikut tipsnya.

  1. Menggunakan gadget hanya satu jam

Tips mengurangi screentimeUntuk orang tua yang memiliki balita, WHO menyarakan untuk anak usia 2-5 tahun hanya boleh untuk menggunakan tidak lebih dari satu jam perhari. Jika mereka menggunakan lebih lama, dapat mempengaruhi kesehatan mata, mental, dan emosional

  1. Beri contoh pada anak

Tips mengurangi screentimeAnak akan lebih mudah memhami dengan kita memberikan contoh yang baik pada mereka. Jika memang kita menginginkan anak untuk tidak berlama memainkan gadget, maka kita harus memberi contoh pada mereka. Jika kita memberikan contoh, maka anak akan lebih mudah untuk mengikuti.

  1. Alihkan kegiatan

Tips mengurangi screentimeJika sedang tidak menggunakan gadget, para orang tua bisa mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti bercerita, bermain bersama, jalan-jalan, atau hanya sekadar menyiram tanaman.

  1. Buat perjanjian

Tips mengurangi screentimePara orang tua juga bisa membuat perjanjian dengan anak, berapa lama anak-anak bisa menggunakan gadget dalam sehari, bicarakan bersama dan temukan jadwal yang baik antara orang tua dan juga anak.

Beberapa tips diatas bisa diterapkan oleh para orangtua di rumah, agar anak-anaknya tidak kecanduan teradap gadget.

Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping