Tips Anak Terbuka Pada Orang tua

Anak Terbuka dengan orang tua

Dragon – Tips Terbuka | Anak | Orang Tua

Halo Keluarga Dragon, apa kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat selalu ya. Masa anak-anak adalah masa yang menyenangkan bagi kita sebagai orang tua, karena kita bisa melihat tumbuh kembang anak tahap demi tahap. Masa seperti ini lah yang harus kita manfaatkan sebagai orang tua untuk mendekatkan diri kepada anak-anak.

Banyak terjadi dimana pada saat anak beranjak remaja, mereka mulai enggan untuk membicarakan hal-hal pada orang tuanya, dan lebih memilih kepada teman-temannya. Ini saatnya untuk para orang tua yang masih memiliki anak-anak yang belum memasuki fase remaja untuk mengeratkan dan mendekatkan diri pada anak.

Hari ini kami akan membagikan tips untuk para orang tua, bagaimana cara agar anak-anak mau terbuka dengan kita, berikut tipsnya.

  1. Ketahui kesukaannya

Anak terbukaHal pertama yang harus kita lakukan adalah mendekatkan diri pada anak. Untuk bisa para orang tua memasuki dunia anak, maka kita harus mengetahui apa kesukaanya. Kita bisa menemani mereka dengan kesukaanya untuk mempererat tali kepercayaan.

  1. Pancing untuk bercerita

Anak terbukaBuatlah anak untuk bercerita. Cobalah untuk menyanyakan bagaimana sekolah hari ini? Ada teman yang nakal atau tidak? Apakah ada guru yang menyenangkan atau tidak menyenangkan? Beri pertanyaan agar anak mau bercerita tentang apa yang mereka rasakan.

  1. Contohkan diri kita terbuka pada anak

Anak terbukaBeri contoh pada anak agar mereka mau terbuka. Orang tua tidak perlu segan-segan bercerita apa yang dirasakan atau dilewati pada hari ini. Kejadian-kejadian apa yang bisa diceritakan dan dibagikan kepada anak. Hal ini agar terjadi komunikasi dan juga interaksi yang instens Antara orang tua dan anak.

  1. Dengarkan cerita anak

Anak terbukaLebih banyak dengarkan ceritanya. Rata-rata orang tua selalu menuntut anak mengikuti kehendaknya, tapi tanpa mau mendegarkan apa yang mereka inginkan. Mari coba untuk mendengarkan apapun yang ingin mereka katakan. Terkadang mereka terlalu takut untuk memulai, maka kita lah sebagai orang tua yang harus membuka pembicaraan.

  1. Berbagi pendapat

Anak terbukaAjak anak untuk membuat keputusan-keputusan dalam keluarga. Hal ini untuk menimbulkan kepercayaan diri pada anak, dan anak-anak juga akan merasa bahwa suara mereka juga akan didengar ketika memberikan pendapat.

Itulah tips yang bisa dilakukan orang tua agar membuat anak lebih terbuka. Jangan sampai kesempatan kita untuk mendekati anak hilang, karena kita terlalu sibuk dengan kesibukan masing-masing.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Shopping Cart
There are no products in the cart!
Lanjutkan Belanja