Melatih Jiwa Sosial Anak Sejak Dini

melatih jiwa sosial

Dragon – Melatih Jiwa Sosial | Anak Usia Dini

melatih jiwa sosialHalo Keluarga Dragon semua, apa kabarnya hari ini? Semoga semua dalam keadaan sehat ya. Anak yang memiliki jiwa sosial yang tinggi dapat terlihat dari bagaimana cara ia berbicara, cara membuka pembicaraan, dan juga gesturenya saat bertemu dengan orang baru. Dimasa pandemi seperti ini Anak-anak bersekolah dan juga bermain di dalam rumah, mereka jadi jarang bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.

Bagi beberapa orang tua, mereka mengalami kesulitan terhadap anak yang tidak mau bergaul dengan teman sebanyanya, mereka cenderung malu dan juga menutup sendiri. Hari ini kita akan membahas bagimana cara menimbulkan jiwa bersosial pada anak.

  1. Bangun Percaya Diri Pada Anak

Dengan rasa percaya diri yang besar, anak akan lebih mudah untuk terbuka pada hal-hal yang baru, termasuk dengan bergaul. Bagaimana cara menimbulkan percaya diri? Selalu dengarkan saat ia berbicara, jangan selalu disalahkan, minta anak memberikan pendapat ketika dalam keluarga sedang ingin memilih sesuatu.

  1. Dorong Pada Kegiatan yang disuka

Orang tua harus mendorong dimana kesukaan anak. Jika anak suka menggambar maka dorong dan arahkan anak mengasah keterampilannya. Begitu pula jika anak suka dengan otomotif, memasak, atau bermain games. Ketika mereka bertemu dengan orang yang memiliki kegemaran yang sama, maka akan lebih memudahkan mereka untuk bersosialisasi.

  1. Buat Playdate

Orang tua bisa mencoba mengajak teman sebayanya untuk dating atau mengajak anak untuk mendatangi teman sebayanya. Biarkan mereka berkenalan terlebih dahulu untuk saling mengenal. Kita akan melihat cara anak dalam bersosialisasi.

  1. Refleksi diri

Terkadang anak tidak suka bergaul karena ada tekanan dari orang tua, maka dari itu orang tua harus bisa refleksi diri sendiri apakah pernah melarang anaknya untuk bergaul, atau terlalu mengekang mereka.

  1. Jangan paksa anak

Jika memang anak tidak mau bergaul,jangan pernah paksa mereka dengan keras. Biarkan ia bersosialisai dengan caranya sendiri. Ketika kita terlalu memaksa justru akan membuat anak menjadi frustasi dan menolak untuk bergaul.

  1. Beri apresiasi

Jika anak sudah mulai menunjukkan kemajuan dalam bersosialisai, berikan mereka apresiasi supaya mereka semakin terpacu mencoba untuk bersosialisasi.

Itulah beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk membuat anaknya memiliki jiwa sosial dengan baik.

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping