7 Mitos atau Fakta Kecerdasan Diukur Dengan Tes IQ

mitos atau fakta kecerdasan diukur dengan tes IQ

Dragon | 7 Mitos atau Fakta Kecerdasan Melalui Tes IQ

mitos atau fakta kecerdasan melalui tes IQHalo Keluarga Dragon semua, gimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat selalu ya. Apakah benar anak itu dikatakan cerdas, pandai atau pintar bergantung pada hasil tes IQ? Atau apakah benar hasil tes IQ dapat menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang?  Mungkin kita sering mendengar pertanyaan seperti itu, baik dikalangan orang tua, guru, teman atau kerabat kita. Namun, sebenarnya kecerdasan seseorang diukur melalui tes IQ itu termasuk ke dalam mitos atau fakta sih bunda dan Keluarga Dragon? Kali ini kita bakal bahas tuntas mengenai mitos atau fakta kecerdasan melalui tes IQ.

            Sebelum masuk ke pembahasan, Keluarga Dragon tentunya sudah familiar dengan istilah IQ atau Intelligence Qoutient yang diartikan sebagai tingkat kecerdasan seseorang. Zaman modern seperti sekarang ini banyak sekali perusahaan, tempat usaha, sekolah, universitas atau bahkan tempat lainnya apabila hendak merekrut karyawan maka salah satu hal yang dilihat adalah nilai pada tes IQ pelamar tersebut. Namun tidak semua kalangan juga yang memberlakukan tes IQ sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan atau masuk kedalam sebuah perusahaan dan instansi tertentu. Supaya Keluarga Dragon tidak bingung lagi, yuk kita simak mitos atau faktanya berikut ini.

mitos atau fakta kecerdasan melalui tes IQ

  1. Kecerdasan Diukur melalui Tes IQ (Mitos)

Faktanya: Untuk dapat memahami kecerdasan seseorang yang dapat anda lakukan adalah dengan mengembangkan, mengamati serta menggali potensinya. Karena kecerdasan bukanlah hal yang dapat diukur.

  1. Skor IQ bisa berubah (Fakta)

Ya, karena IQ seseorang tidak selamanya berada pada skor yang sama, semakin tua seseorang maka akan semakin mengalami penurunan IQ, jadi skor IQ juga tidak bisa menjadi suatu standar untuk menilai  bahwa kecerdasan seseorang meningkat karena skor IQnya yang tinggi.

  1. Kreativitas Berbanding Lurus Terhadap IQ Seseorang (Fakta)

Apabila anda menyandingkan tes IQ adalah salah satu cara untuk mengukur kreativitas seseorang maka hal itu adalah benar. Karena kreativitas memiliki hubungan erat dengan tingkat IQ seseorang yang di dalamnya terdapat penalaran, pemecahan masalah, dan ide-ide kreatif serta inovatif. 

  1. IQ Wanita Lebih Tinggi Dibanding Pria atau Sebaliknya (Mitos)

Faktanya: Pria dan wanita memiliki kecerdasan dan kemampuan yang berbeda. Jadi kita tidak bisa menentukan tinggi atau rendahnya skor IQ seseorang berdasarkan jenis kelamin. Pada umumnya wanita memiliki kemampuan dan kecerdasan verbal dan emosi sedangkan pria pada bidang spasial.

  1. IQ Tidak Bisa Ditingkatkan (Mitos)

Memang betul apabila semakin bertambah usia maka IQ akan semakin menurun tetapi bukan berarti IQ seseorang tidak dapat ditingkatkan.

Faktanya anda bisa meningkatkan IQ dengan berbagai macam hal seperti menghafal sesuatu, makan makanan bergizi. Makanan yang mengandung protein dan zat besi juga bagus untuk meningkatkan IQ dibandingkan dengan makanan cepat saji atau junk food.  

  1. Mendengar Musik Mozart Bisa Meningkatkan IQ (Mitos)

Faktanya: Ketika mendengarkan musik Mozart atau musik klasik tidak membuat IQ seseorang meningkat. Justru mendengarkan musik klasik dapat membuat kita lebih tenang, rileks atau fokus pada saat belajar, tapi ini biasanya hanya berlaku bagi sebagian orang saja. Karena, cara belajar masing-masing orang itu berbeda, jadi tidak ada paten atau cara yang khusus.

  1. IQ 115 ke Atas Dapat Bekerja Di Berbagai Macam Bidang Pekerjaan (Fakta)

Ya, tidak bisa dipungkiri apabila seseorang yang memiliki skor IQ tinggi, ia dapat melalukan berbagai macam bidang pekerjaan. Karena pada umumnya orang yang memiliki IQ tinggi dapat dengan cepat memahami dan memecahkan serta menemukan solusi untuk setiap permasalahan.

Nah itu tadi beberapa mitos atau fakta kecerdasan melalui tes IQ ya Keluarga Dragon semua. Kira-kira anak atau Keluarga Dragon sendiri biasanya untuk meningkatkan IQ dan kecerdasan gimana? Siapa tahu ada hal menarik lewat artikel tadi, bisa deh Bunda dan Keluarga Dragon coba untuk terapkan. Sekali lagi, tiap-tiap orang memiliki cara dan strategi yang berbeda, baik dalam meningkatkan kecerdasan (IQ), minat belajar dan sebagainya. Semoga Bunda dan Keluarga Dragon dapat menggali potensi serta kecerdasan si kecil. Baca juga mitos dan fakta tidur anak, dan jangan lupa kunjungi kami di sini untuk informasi dan tips menarik serta produk kesehatan Keluarga Dragon semua.

mitos atau fakta kecerdasan melalui tes IQ sering dijumpai pada kalangan masyarakat saat ini. Lalu bagaimana anda dapat menemukan bukti mengenai mitos atau fakta kecerdasan melalui tes IQ ?

Share

Tinggalkan Komentar

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping