Recent Post

Benarkah Bau Hujan Bikin Relaksasi? Yuk Simak Faktanya

bau hujan bikin relaksasi

Dragon | Benarkah Bau Hujan Bikin Relaksasi? Yuk Simak Faktanya

Halo Keluarga Dragon semua, gimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat selalu ya. Pada penghujung tahun hingga awal tahun baru biasanya identik dengan cuaca dingin dan musim hujan. Bagi beberapa orang hujan adalah hal yang biasa, namun ada juga sebagian orang yang merasa repot bekerja atau melakukan aktivitas karena musim hujan.

bau hujan bikin relaksasiTerlepas dari semuanya itu, ada yang memiliki pendapat bahwa bau hujan bikin relaksasi. Kira-kira apakah bau hujan bikin relaksasi merupakan pernyataan yang benar? Lalu jika benar, apa alasan yang membuat bau hujan bikin relaksasi? Yuk Keluarga Dragon bisa simak pembahasannya berikut ini.

bau hujan bikin rileksSetelah sebelumnya kita membahas mengenai anak main hujan bikin sakit mitos atau fakta? Nah didalam artikel tersebut kita berbicara sedikit mengenai salah satu penyebab sikecil bisa sakit saat bermain hujan yaitu bakteri atau kuman. Sama halnya dengan bau hujan ini penyebabnya adalah bakteri yang bernama Actinomycetes. Menurut jurnal Nature yang dibuat oleh peneliti Isabel Joy Bear and Richard G. Thomas tahun 1964 menjelaskan bahwa bau hujan itu disebabkan oleh minyak yang dikeluarkan oleh tanaman dan bakteri Actinomycetes.

bakteri pada hujanBakteri Actinomycetes yang tumbuh ditanah ini nantilah yang memiliki peran untuk membuat bau hujan menjadi menyegarkan dan merileksasi. Actinomycetes mengeluarkan spora tanah yang ia peroleh ketika tanah menjadi kering. Kemudian saat turun hujan spora yang terkena air itu akan menyebar dan menimbulkan aroma yang membuat anda rileks dan nyaman.

bau hujan bikin relaksasiNamun sebenarnya mengapa sih bau hujan bikin relaksasi? Ternyata spora yang menyebar tadi menghasilkan aroma bumi yang alami kemudian otak pun mereponsnya sebagai rileksasi yang akhirnya dapat melepas hormon serotonin. Hormon serotonin sendiri memiliki peran sebagai obat antidepresi alami pada otak.  

Nah itu tadi pembahasan mengenai mengapa bau hujan bikin relaksasi. Jadi apabila Keluarga Dragon semua mengalami stress dan ingin melepaskannya secara alami, anda bisa sering-sering menghirup bau hujan yang menyegarkan dan buat rileks. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Keluarga Dragon semua, tetap jaga kesehatan ya. Jangan lupa untuk tips dan trik serta informasi menarik lainnya kunjungi kami di sini.

Bagaimana menurut Keluarga Dragon apakah benar, bau hujan bisa bikin relaksasi?

Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping