Tahukah Bunda Tentang Helicopter Parenting? 4 Hal Wajib Tahu

helicopter parenting

Dragon | Tahukah Bunda Tentang Helicopter Parenting? 4 Hal Wajib Tahu

Halo Keluarga Dragon semua, gimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat selalu ya.

Menjaga anaknya agar kedepan menjadi seseoarng yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain, keluarga dan sekitarnya tentu adalah impian setiap orang tua. Namun perlu anda ketahui bahwa sebagai orang tua kita harus memahami tentang helicopter parents, agar tidak salah dalam mendidik anak-anak.apa itu helicopter parenting

Apa itu helicopter parents atau helicopter parenting?

Siapa nih yang sudah tahu apa itu helicopter parents atau helicopter parenting? Helicopter parents adalah istilah pola asuh yang terlalu “menyetir” kehidupan anak. Selain itu, berdasarkan Cambridge Dictionary, helicopter parents sendiri memiliki arti bahwa orang tua yang sangat mengontrol dan ikut campur kehidupan anak.

Istilah ini juga pertama kali muncul di dalam buku yang berjudul “Between Parent & Teenager”, pada tahun 1969. Di dalam buku itu, seorang remaja mengibaratkan ibunya memantau seperti helicopter. Pola asuh ini lebih cenderung “menyetir” anak untuk berbuat tindakan sesuai dengan keinginan orang tua dengan maksud menghindarkan mereka dari kegagalan atau kesulitan.

Pola asuh helicopter parents atau helicopter parenting ini bisa saja terjadi tanpa anda sadari, dikarenakan maksud atau niat baik agar anak tidak merasakan kegagalan. Contohnya apa saja sih pola asuh helicopter parents?

  1. Saat anak lulus dari jenjang pendidikan yang satu, maka jenjang selanjutnya yang menentukan adalah orang tua meskipun sang anak tidak menyukainya.
  2. Melakukan protes kepada guru atau dosen saat nilai anak buruk atau jelek.

Dampak Buruk (Negatif) Helicopter Parents

            dampak dari helicopter parentingApabila anda sebagai orang tua tidak hati-hati, pola asuh helicopter parents bisa menimbulkan dampak yang negatif (buruk) bagi anak. Lalu apa saja sih dampak buruknya? Yuk simak berikut dampak buruk helicopter parents berikut ini.

  1. Rasa percaya diri cenderung menurun, bahkan bisa saja menutup diri dan sulit bergaul saat mereka sudah dewasa.
  2. Anak-anak tidak memiliki coping skill atau yang dikenal sebagai keterampilan seseorang untuk menghadapi berbagai macam permasalahan dan kegagalan dengan baik.
  3. Bahkan yang paling buruk anak-anak bisa mengalami depresi akibat tekanan dari orang tua mereka.

Dampak Baik (Positif) Helicopter Parents

             dampak positif helicopter parentingSebenarnya banyak sekali pro dan kontra mengenai dampak pola asuh helicopter parents ini. Ternyata selain dampak negetif ada juga dampak positif dari helicopter parents. Berdasarkan penilitian yang diterbitkan “Frontiers In Psychology” tidak semua helicopter parents berdampak buruk tetapi juga ada sisi positifnya. Kira-kira apa saja sih? Yuk simak bersama bunda dan Keluarga Dragon.

  1. Anak mampu menyiapkan segala sesuatunya dengan baik
  2. Menyelesaikan pekerjaan rumah menjadi lebih mudah
  3. Anak lebih displin yaitu dengan datang tepat waktu.

Lalu Harus Bagaimana Terhadap Helicopter Parents?

           orang tua bijakTerlalu ikut campur dengan kehidupan anak ternyata bukan cara yang bijak lho bunda untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan mereka. Lalu sebaiknya harus bagaimana agar anda sebagai orang tua tidak terjebak di dalam helicopter parenting?

Nah ini beberapa hal yang bisa Bunda dan Keluarga Dragon lakukan agar tidak terjebak di dalam pola asuh helicopter parents.

  1. Belajar untuk menghargai pendapat anak-anak ya Bunda dan Keluarga Dragon
  2. Usahakan untuk tidak membuat anak cemas, dengan memberikan respons positif saat menghadapi masalah atau kesulitan.
  3. Berikan kepercayaan kepada mereka untuk berusaha atau menyelesaikan sesuatu dengan kemampuan sendiri. Karena melalui keputusan yang mereka buat, dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab. Sehingga mereka akan menjadi pribadi yang mandri dalam menghadapi kehidupan.

Nah itu tadi ulasan mengenai pola asuh helicopter parents. Yuk Bunda dan Keluarga Dragon jadilah orang tua yang lebih bijak dalam mendidik dan memberikan pola asuh kepada anak-anak. Jangan lupa untuk selalu siap sedia Minyak Kayu Putih Dragon untuk menemani dan menghangatkan Bunda dan Keluarga Dragon.Semoga informasinya bermanfaat ya Bunda dan Keluarga Dragon semua. Untuk info, tips, dan informasi menarik lainnya bisa kunjungi kami di sini dan follow akun @keluarga.sehat.dragon ya.

Tahukah Bunda Tentang Helicopter Parenting? 4 Hal Wajib Tahu

Share

Tinggalkan Komentar

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping