Recent Post

Puasa Sehat: 5 Tips Mengatasi Rasa Lesu dan Lemah Saat Berpuasa Ramadan

tips mengatasi rasa lesu dan lemah saat puasa

Dragon | Puasa Sehat: 5 Tips Mengatasi Rasa Lesu dan Lemah Saat Berpuasa Ramadan

Halo Keluarga Sehat Dragon semua, gimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat selalu ya.

tips mengatasi rasa lesu dan lemah saat puasaPuasa Ramadan seringkali membuat orang merasa lemas dan lesu, terutama pada siang hari. Hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan asupan makanan dan cairan selama berpuasa. Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa lemas dan lesu tersebut, berikut penjelasannya:

  1. Konsumsi makanan yang tepat

konsumsi makanan yang tepatMakanan yang tepat dapat membantu tubuh memperoleh energi yang cukup selama puasa. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, nasi merah, dan kacang-kacangan. Selain itu, makanan yang mengandung serat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan juga sangat dianjurkan. Hindari makanan yang terlalu berlemak atau terlalu manis, karena dapat membuat tubuh lebih mudah lelah.

  1. Minum air yang cukup

minum air yang cukcupKekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan mudah lelah. Oleh karena itu, pastikan untuk minum air yang cukup selama sahur dan berbuka puasa. Disarankan untuk minum minimal 8 gelas air putih setiap hari.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup pada malam hari dapat membantu tubuh lebih bertenaga pada siang harinya. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap malam dan hindari begadang.

  1. Olahraga ringan

olahraga ringan di rumahMelakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau senam ringan pada pagi hari dapat membantu meningkatkan energi tubuh sepanjang hari. Namun, pastikan untuk tidak berolahraga terlalu berat atau pada waktu yang berisiko dehidrasi, seperti saat siang hari.

  1. Mengurangi aktivitas fisik berat

Mengurangi aktivitas fisik berat seperti mengangkat beban atau melakukan pekerjaan fisik yang berat dapat membantu mengurangi rasa lemas dan lesu saat berpuasa. Sebaiknya lakukan aktivitas fisik berat pada waktu yang tepat, seperti setelah berbuka puasa atau menjelang waktu berbuka.

Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan dapat membantu mengatasi rasa lemas dan lesu saat berpuasa Ramadan. Selalu ingat untuk memperhatikan kondisi tubuh masing-masing dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika merasa ada keluhan yang berat.

Semoga informasinya bermanfaat ya Bunda dan Keluarga Dragon semua. Untuk tips dan informasi menarik lainnya bisa kunjungi kami di sini dan follow akun @dragon.prima.farma ya.

Yuk lakukan cara meningkatkan kualitas ibadah saat menjalankan puasa berikut ini ya Keluarga Sehat Dragon.

Tips persiapan fisik saat menjalankan puasa ini sangat berguna bagi anda.

Selain itu tips persiapan fisik saat menjalankan puasa ini juga berguna bagi anda yang merupakan tipe orang yang agak sulit menjalankan puasa.

Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping