Recent Post

6 Tips Jitu Menangani Remaja, Wajib Bunda Ketahui!!

tips menangani remaja

Dragon | 6 Tips Menangani Remaja, Wajib Bunda Ketahui!!

Halo Keluarga Sehat Dragon semua, gimana kabarnya hari ini? Semoga tetap sehat selalu ya.

tips menangani remajaBagi Anda yang memiliki anak, pada fase tertentu akan mengalami berbagai macam kesulitan untuk mendidik dan mengajar mereka.

Apalagi saat mereka sudah menginjak usia remaja, dimana pada fase ini mereka sudah mulai sering bertentangan dengan diri sendiri.  

Mereka melakukan berbagai tindakan seolah-olah mereka tahu segalanya namun sebenarnya masih kurang banyak pengalaman.

Maka dari itu anda sebagai orang tua harus bisa menangani (handling) mereka secara tepat, agar kedepannya mereka dapat tumbuh dewasa dengan perilaku dan karakter yang baik.

Namun jika anda masih bingung cara yang efektif untuk menangani anak anda yang sudah mulai menginjak, kali ini Dragon akan berbagi 6 tips menangani remaja, yuk simak bersama.

  1. Hindari Memberikan Kekuatan Anda

            mendidik anak remajaSalah satu karakteristik paling umum dari remaja adalah mereka suka menekan tombol Anda dan membuat Anda bereaksi negatif. Banyak hal yang mereka lakukan untuk membuat anda bereaksi negative pada mereka.

            Namun cara efektif untuk menanganinya adalah dengan menghindari memberikan kekuatan atau emosi anda pada mereka.  Ketika Anda merasa kesal atau ditantang oleh seorang remaja, sebelum Anda mengatakan atau melakukan sesuatu yang dapat memperburuk situasi, tarik napas dalam-dalam dan hitung perlahan sampai sepuluh.

  1. Menetapkan Batasan Yang Jelas

            Sebagian besar anak-anak yang sudah menginjak usia remaja ingin mengalami kemandirian yang lebih besar. Sehingga mereka akan melakukan berbagai hal untuk memperoleh kemandirian tersebut.

            Dalam situasi ini, sangat penting untuk anda menetapkan batasan untuk menjaga hubungan anda dengan mereka agar terindar dari pergaulan ataupun Tindakan yang salah. Batas-batas perlu diartikulasikan dengan hal-hal yang jelas dan spesifik.

  1. Menggunakan Komunikasi Efektif

            komunikasi dengan anak remajaSaat Anda menghadapi atau menangani anak remaja, maka anda harus memperkuat posisi Anda dengan memanfaatkan keterampilan komunikasi. Karena seni komunikasi adalah bahasa kemimpinan, yang artinya dapat bekerja dan memotivasi mereka. Oleh sebab itu anda harus hati-hati saat berkomunikasi dengan anak-anak yang sudah mulai menginjak usia remaja.

  1. Dalam Situasi “Ringan”, Pertahankan Humor dan Tunjukkan Empati

            Dalam situasi yang relatif ringan atau  ketika seorang remaja sedang mengalami kesulitan, maka tunjukkan empati dengan tidak bereaksi berlebihan.

            Tanggapi mereka dengan senyuman daripada cemberut, agar mereka tidak terlalu berlarut di dalam kesulitan mereka namun dapat bangkit kembali.

  1. Memberi Kesempatan Kepada Mereka untuk Membantu Memecahkan Masalah

            Banyak sekali remaja lebih percaya kepada teman sebayanya dibandingkan orang tua mereka karena mereka tidak percaya bahwa orang dewasa benar-benar mendengarkan.

            Maka dari itu ketika Anda melihat kondisi seorang remaja yang sedang marah atau tertekan, tawarkan pilihan kepada mereka untuk berbicara dengan Anda. Katakan, misalnya, “Saya di sini untuk mendengarkan jika Anda ingin berbicara, oke?”

            Sediakan diri Anda dan ingatkan mereka tentang hal ini dari waktu ke waktu, tetapi jangan memaksakannya.

  1. Memberikan Konsekuensi Yang Benar

Ketika seorang remaja bersikeras melanggar aturan dan batasan tertentu, maka anda sebagai orang tua harus berani berikan konsekuensi yang dapat menurunkan perlawanan mereka. Namun  hal ini juga harus tetap dilakukan dengan memaksa dengan rasa hormat dan kerjasama.

Nah itu tadi 6 tips menangani remaja, yang dapat bunda dan Keluarga Sehat Dragon terapkan bagi anak-anak anda.

Semoga informasinya bermanfaat ya Bunda dan Keluarga Sehat Dragon semua. Untuk tips dan informasi menarik lainnya bisa kunjungi kami di sini dan follow akun @dragon.prima.farma ya.

tips menangani remaja berikut ini adalah cara yang dapat bunda terapkan kepada anak-anak.

tips menangani remaja

tips menangani remaja

Share

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping