Jangan Anggap Remeh, Berikut 4 Efek Stress Kerja

Dragon – Efek Stress | Stres Kerja | Masalah Kesehatan | Kesehatan 

 

Haiii Keluarga Dragon, jika kemarin kita sudah membahas tentang gejala dari stres kerja, hari ini kita akan membahas efek dari stress kerja.

Karena stress tidak bisa dianggap sebagai sesuatu yang remeh maka kita wajib untuk mengetahui sebab dan akibat yang ditimbulkan dari stres ini. Stres yang terkadang kita anggap hanya sebagai masalah biasa ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan berujung juga pada penyakit serius. Stres memang umum terjadi tapi bukan berarti anda boleh mengabaikan gejala yang muncul akibat stress.

Hal-hal yang muncul dari efek yang ditimbulkan stress sangat banyak, seperti sulit berkonsentrasi, sulit berkomunikasi, emosi tidak stabil, yang berakibat pada turunnya produktivitas kerja.

Dalam jangka pendek, efek dari stress pada kesehatan dapat terlihat seperti munculnya sakit kepala, nyeri dada, sakit perut, mual, bahkan muntah. Selain efek jangka pendek yang ditimbulak stres ada juga efek jangka panjang yang ditimpulkan dari stres. Kita akan membahas gangguan penyakit yang ditimbulkan efek stress kerja.

  1. Migrain

Migrain adalah penyakit saraf yang menyebabkan sakit pada kepala, gejalanya ditunjukkan dengan kepala yang terasa berdenyut pada salah satu sisi kepala saja. Migrain biasanya menimbulkan rasa nyeri, mual, muntah, juga lebih sensitif terhadap cahaya ataupun suara. Bagi Sebagian orang migrain adalah masalah kepala biasa, namun tanpa disadari ternyata migrain bisa membawa penyakit serius seperti stroke atau meningitis.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi adalah keadaan dimana hormon kortisol pada tubuh sedang mengalami peningkatan. Hal yang ditimbulkan dari naiknya hormon ini adalah munculnya sakit kepala dan juga terjadinya darah tinggi atau yang biasa kita sebut dengan hipertensi. Jika hipertensi tidak terkontrol, maka dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang memunculkan penyakit seperti stroke, jantung coroner, gagal ginjal, gagal jantung, dan kerusakan pembuluh darah retina yang mengakibatkan gangguan pada penglihatan.

Selain itu semakin tinggi tekanan darah, semakin tinggi risiko kerusakan pada jantung dan pembuluh darah pada organ besar seperti otak dan juga ginjal.

  1. Diabetes

Salah satu efek jangka panjang yang ditimbulkan dari stres adalah diabetes. Hal ini ditimbulkan karena kenaikan kadar gula darah saat stres, baik disebabkan oleh pengaruh hormon stres ataupun berubahnya pola hidup yang diakibatkan oleh stres. Jika seseorang mengalami diabetes dan pengobatan diabetes tidak dilakukan secara baik dan benar, dapat terjadi peningkatan risiko komplikasi yang dapat berujung pada kematian.

  1. Depresi

Akibat terakhir atau efek stress yang terakhir adalah depresi. Jika stres dibiarkan dan tidak ditangani dengan serius dapat mengganggu kesehatan mental. Efek stress yang berkepanjangan akan membawa ke dalam kondisi depresi. Tanpa penanganan serius, depresi bisa membawa celaka. Depresi yang berkepanjangan dapat menyebabkan kegagalan dalam karir, pekerjaan, hubungan dengan orang lain, hubungan percintaan. Penderita depresi juga sering sulit dalam mengambil keputusan, orang yang dalam keadaan depresi berat sangat memungkinkan untuk melakukan percobaan bunuh diri. 

Itulah 4 akibat yang ditimbulkan efek dari stress. Jangan pernah anggap stres menjadi suatu hal yang wajar, sebab secara tidak kita sadari stres bisa membawa kita kepada hal-hal yang dapat menghancurkan karir, menimbulkan berbagai penyakit, dan juga berujung pada percobaan bunuh diri. Jika sudah mulai merasakan suntuk pada pekerjaan, alangkah baiknya untuk berbicara dengan atasan ditempat kerja dan meminta izin untuk berlibur. Karena saat stres kita perlu me-refresh diri agar melepaskan beban pikiran. Dan tentunya juga ditemani dengan produk dari Cap Dragon, karena Cap Dragon siap menemani disetiap perjalanan dan suasana.

分享

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

发表评论

Shopping Cart
There are no products in the cart!
Lanjutkan Belanja