Recent Post

Kenali Penyebab Kanker Sejak Dini

penyebab kanker
Dragon – Penyakit Kanker | Penyebab Kanker | Kenali Gejala
Kanker 

Halo Keluarga Dragon, apakabar semua? Semoga tetap sehat selalu. Kesehatan adalah hal yang utama di dalam hidup, sebab jika kita sakit maka kita tidak akan bisa maksimal dalam beraktivitas. Bicara soal kesehatan, di dalam dunia ini ada banyak sekali berbagai macam penyakit yang ada. Dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang dapat membawa kematian. Hari ini kita akan membahas salah satu penyakit mematikan yang ada di dunia, yaitu kanker. Secara statistik kanker merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi ke 2 di dunia, dengan angka kematian sebesar 9,6 juta pada tahun 2018. Di Indonesia, kematian yang disebabkan oleh kanker mencapai presentasi 1,8% pada tahun 2018.

Tingginya angka kematian yang disebabkan oleh Kanker tentu ada penyebab yang mendasari di baliknya. Salah satu penyebabnya dikarenakan dari terlambatnya diagnosis penyakit sejak awal. Jika diagnosis sudah terlambat, maka penanganan dari penyakit pun juga ikut terlambat. Keterlambatan diagnosis pun juga tanpa alasan. Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata pasien kanker sering tidak menyadari pada tahap awal gejalanya, biasanya pasien baru mencari pengobatan Ketika kanker sudah mencapai stadium kronis, sehingga angka penyembuhan pun semakin kecil. Oleh sebab itu hari ini kita akan membahas sedikit tips untuk mengenali penyebab kanker sejak dini, agar kita lebih peduli terhadap kesehatan tubuh kita.

penyebab kanker

Pada dasarnya penyebab kanker disebabkan oleh perubahan abnormal yang terjadi pada sel DNA di dalam tubuh. Ketika mekanisme gagal dalam mengendalikan sel abnormal ini yang akhirnya membuat perubahan abnormal ini menjadi tidak terkendali dan akhirnya bersifat kanker. Penyebab dari perubahan abnormal pada sel ini juga ada beberapa macamnya. Sebagian perubahan disebabkan oleh genetik yang berarti adalah turunan dari orang tua kita, faktor yang lainnya terjadi dikarenakan oleh faktor lingkungan. Antara lain gaya hidup yang buruk seperti kurangnya berolahraga, mengkonsumsi alkohol, kebiasaan merokok, obesitas, terinfeksi virus, dan juga terpapar radiasi berlebih merupakan beberapa penyebab lain dari kanker.

(Gejala)

Rata-rata penderita kanker tidak mengetahui bahwa dirinya terkena penyakit tersebut, karena gejala pada kanker kerap kali tidak disadari dan tidak memiliki gejala secara khusus. Hal ini yang perlu kita waspadai, maka dari itu ada beberapa tanda atau gejala pada kanker yang wajib kita ketahui:

  1. Pendarahan tidak normal

penyebab kanker

Darah yang muncul pada air liur ketika kita batuk, gejala ini merupakan gejala awal pada kanker paru-paru. Selain darah pada air liur, darah pada saat buang air besar juga bisa menjadi gejala awal pada penderita kanker pada bagian dalam perut seperti kanker usus.

  1. Munculnya benjolan tidak lazim

Jika muncul benjolan yang tak lazim seperti pada payudara ataupun pada testis, sebaiknya langsung periksakan diri anda untuk ke dokter, karena benjolan tersebut bisa menjadi gejala awal dari kanker.

  1. Perubahan pada mulut

Jika pada mulut anda mengalami perubahan seperti dengan adanya bercak merah, atau kuning dalam mulut ataupun lidah dengan disertai pembengkakan pada mulut, itu adalah beberapa gejala awal dari kanker mulut.

  1. Berat badan turun secara drastis

Penururnan berat badan secara drastic dalam waktu singkat dan juga tanpa ada program bisa menjadi gejala awal pada kanker lambung, dan juga kanker pancreas.

  1. Sakit saat menelan

Meski sakit saat menelan terkadang merupakan hal yang wajar, namun hal ini bisa menjadi gejala awal pada kanker tenggorokan, biasanya disertai dengan muntah dan juga penurunan  berat badan.

Melihat beberapa gejala di atas menunjukkan bahwa penyakit kanker memiliki gejala yang biasa kita rasakan dalam keseharian. Tapi bukan berarti jika kita mengalami gejala diatas maka dipastikan kita terkena penyakit kanker. Maka dari itu dibutuhkan kewaspadaan sejak dini agar dapat membantu dokter untuk mendeteksi kanker. Sebab semakin cepat dideteksi akan semakin cepat untuk ditangani. Selain itu, untuk menjaga tubuh agar kita bisa menurunkan resiko terkena kanker maka kita wajib untuk melakukan check kesehatan secara berkala, sering untuk berolahraga, istirahat yang cukup, dan juga hindari rokok.

gejala penyakit kanker, minyak kayu putih, kayu putih, hari kanker sedunia

分享

发表评论

电子邮件地址不会被公开。 必填项已用*标注

Shopping cart0
There are no products in the cart!
Continue shopping